Untuk dapat melaksanakan asesmen alternatif khususnya asesmen kinerja dengan jumlah siswa 40 anak, dilakukan dengan 4 siklus, yaitu:
- Siklus 1. Setiap anak membawa buku sejarah
- Siklus kedua. Guru akan menginstruksikan Anda untuk membaca buku sejarah sesuai dengan bab yang telah Anda instruksikan.
- Siklus 3. Setelah membaca, guru menginstruksikan siswa untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.
- Siklus 4. Selanjutnya guru mengoreksi hasil jawaban. Dari jawaban yang paling benar, Anda dapat melihat kemampuan siswa.
Penjelasan:
Siswa merupakan faktor terpenting dalam pendidikan di sekolah. Agar sekolah menghasilkan hasil yang berkualitas yang berguna bagi masyarakat dan negara berbangsa dan bernegara, pembinaan siswa harus dipersiapkan secara matang dan dilaksanakan secara optimal. Tentu saja, membentuk kepribadian siswa menjadi baik tidak selalu terjadi secara instan. Selalu ada proses yang melampaui keberadaan hasil. Berbagai upaya telah dilakukan guru untuk mendidik siswanya. Kami mulai dengan belajar untuk meningkatkan kemampuan intelektual siswa dan bekerja untuk membimbing mereka untuk meningkatkan kemampuan sosial dan mental mereka. Salah satu langkah yang dilakukan guru ketika mengajar siswa adalah asesmen atau penilaian. Asesmen adalah kegiatan pengambilan keputusan untuk mengambil keputusan berdasarkan kriteria baik dan buruk dan bersifat kualitatif. Proses asesmen dilakukan untuk mengetahui tingkat perkembangan siswa. Dari hasil evaluasi tersebut, guru dapat memberikan respon yang tepat kepada siswa. Ketepatan perilaku guru terhadap siswa secara langsung mempengaruhi proses pertumbuhan siswa selanjutnya.
Pelajari lebih lanjut:
Pelajari lebih lanjut materi tentang asesmen alternatif, pada: https://brainly.co.id/tugas/40781034